How Unique My Life Is!

Hello, everyone!

Senang juga bisa kembali membuka wordpress setelah lebih dari setahun kehilangan ‘password’ dan akhirnya menemukannya kembali! Sekarang hidup sudah menjadi lebih baik, karena tepat setahun yang lalu saya lulus kuliah di Kimia Unud dan meraih gelar ‘Cum Laude’ dan lulus sebagai ‘Lulusan Terbaik’ di MIPA UNUD.

Waaaah~ Rasanya mengenang masa-masa kemenangan itu memberikan senyum yang lebar pada wajah saya saat ini. Tuhan memang menyayangi kita dan memberikan yang terbaik bagi kita semua!

Sekarang saya bekerja di salah satu pabrik miras yang ada di Tabanan-Bali, memimpin tim produksi yang jumlahnya melebihi perkiraan saya. Dengan pengalaman yang minim, dunia kerja yang baru dan lingkungan kerja yang penuh persaingan,…banyak suka-duka yang saya alami selama hampir 6 bulan bekerja di sini.

Banyak karyawan yang menjadi kawan baru dan sebuah keluarga besar baru dalam kehidupan kerja saya. Ada beberapa yang memandang rendah karena usia saya yang terlalu muda ketika kini saya harus memimpin karyawan dalam jumlah paling besar. Mungkin mereka meremehkan saya yang sama sekali tidak tahu apa-apa dan tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Atau mungkin beberapa dari mereka merasa tersaingi dengan kemunculan saya di dalam perusahaan ini. Ehm, entahlah…

Benar saja yang sering orang lain katakan mengenai dunia kerja. Begitu berbeda dengan masa-masa kejayaan di bangku perkuliahan. Sekarang sudah ada tanggung jawab untuk perekonomian dan kesehatan kedua orang tua. Jadi, saat ini betul-betul terasa berdiri dengan kaki sendiri, lebih mandiri dan berusaha menjadi lebih berdedikasi dan bertanggung jawab!

Dan satu hal utama yang menguatkan saya berdiri tegak dalam terjangan orang-orang yang memusuhi saya saat ini, hanyalah orang tua saya. Ya! Anda mungkin merasa saya terlalu naif dan munafik, tapi cobalah memandang dalam cara yang sama. Ketika kita mengingat bagaimana perjuangan keras orang tua untuk menghidupkan dan membiayai pendidikan kita, apakah sama sekali tidak menyentuh hati Anda? Ingatlah pada orang-orang yang Anda cintai ketika Anda diterpa oleh masalah, maka Anda akan menemukan kekuatan yang tidak pernah Anda miliki sebelumnya.

Saya pernah membaca suatu artikel yang membahas bahwa ketika kita diterpa oleh masalah, Tuhan akan menopang kita dari belakang agar kita tetap kuat berdiri tegak. Kekuatan yang ada di belakang kita akan SELALU LEBIH BESAR dari masalah yang ada di depan kita. Jadi, janganlah putus asa ketika menghadapi masalah berat! Berceritalah pada sahabat terdekat atau mungkin pada kedua orang tua Anda, maka mereka akan memberikan hembusan kekuatan yang akan menenangkan hati serta pikiran Anda.

 

Remember, even if you almost forget to bend down on your knees and pray to God,… He always be there to watch, to hug, and He will prepare all the goodness for you! He will be there as your family, your friends, even He can make you to pray again by His tests, unexpected accidents, or enemies around you… That’s how He show us His strength.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Kekakuan yg tak memberikan banyak kawan

Sudah hampir 3 tahun saya berulang kali membaca buku Dale Carnegie “How To Win Friends and Influence People”, yang sampai saat ini sudah dicetak hampir di sebagian besar negara dunia dan dicetak dalam 37 bahasa. Dari buku itulah saya mendapatkan pembelajaran mengenai bagaimana saya bisa mendapatkan kawan dan juga mempengaruhi orang-orang untuk bisa berbuat lebih baik terhadap kehidupannya.

Saya mengenal buku itu sejak berada di tingkat akhir SMA. Saya masih ingat betul tentang bagaimana saya hampir putus asa mencari perguruan tinggi yang kira-kira mau menerima mahasiswa baru yang latar belakang keluarga tidak mampu seperti saya ini. Saya hampir saja memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya karena keterbatasan biaya yang keluarga ku miliki.

Selain dengan keterbatasan itu, saya juga memiliki tabiat yang buruk dalam pertemanan, karena dulu saya sangatlah kaku dan egois. Tetapi setelah di bangku perkuliahan (saya sangat bersyukur karena ada bantuan beasiswa bagi orang tak mampu seperti saya) dan mengamati perilaku di sekitar saya, ternyata ada orang-orang yang kekakuan dan keegoisan melebihi saya. Di sinilah saya baru menyadari bahwa ketika di dalam pergaulan yang memiliki variasi tingkat sosial yang tinggi dan dengan kemampuan keuangan saya yang sangat minim, sifat kekakuan dan keegoisan dalam diri saya harus diubah. Orang-orang yang tingkat sosialnya lebih tinggi boleh saja berbuat senaknya pada saya, karena saya sangatlah menyadari dimana kedudukan saya saat ini. Orang-orang yang lebih pandai dari pada saya, boleh saja menyepelekan saran atau kalimat instruktif yang saya berikan di depan mereka, karena mereka lebih berpengalaman dan lebih pintar. Tapi, ada satu hal yang semestinya mereka sadari (setidaknya mereka sudah pernah introspeksi atau membaca buku motivator semacam karya Dale Carnegie ini), bahwa kekakuan dan keegoisan tidak akan pernah memberikan rasa kenyamanan pada siapapun yang menjadi kawan kita.

Kekakuan hanya akan mendatangkan musuh. Mengapa?. Hal inilah yang saya sadari baru-baru ini setelah saya melihat dan mengalaminya sendiri. Perdebatan akibat adanya perbedaan pendapat sudah menjadi hal yang wajar di dalam sebuah perkumpulan atau pertemuan. Ketika ada seseorang yang dengan sangat kuatnya mempertahankan argumennya di depan orang-orang yang menentangnya, maka itu sama saja dengan memberikan peluang besar untuk memperoleh musuh sebanyak-banyaknya. Walau argumen yang diungkapkan adalah benar dan sesuai dengan fakta yang ada, tetapi ketika orang-orang yang berhadapan dengan kita adalah orang-orang yang berbeda pendapat dengan kita, maka sebaiknya kekakuan itu segera anda ubah menjadi suatu sikap mengalah. Mengalah bukanlah suatu keadaan yang menyatakan bahwa kita kalah. Mengalah justru menjadi suatu langkah awal bagi kita untuk mendapatkan kemenangan. Saat kita mengalah dan membiarkan orang lain menang dan puas akan apa yang diucapkan, maka ia pasti akan memberikan sebuah penghargaan atas sikap kita yang sudah bersedia untuk membiarkannya menyelamatkan muka dan nama baiknya.

Tak ada satu pun keuntungan ynga kita peroleh saat kita mempermalukan seseorang di hadapan kita dengan cara memojokkan pendapatnya yang dianggap salah. Walaupun pendapat yang kita pertahankan adalah benar, tetapi ketika lawan bicara kita sudah tidak memiliki kesempatan untuk menyelamatkan muka dan nama baiknya, maka di sanalah kita akan memperoleh musuh. Ini dikarenakan kekakuan kita dalam mempertahankan argumen yang benar telah dianggap oleh lawan bicara kita sebagai tindakan yang menjatuhkan nama baiknya depan umum dan juga mencoreng mukanya. Dan akhirnya kita pun akan kehilangan kawan akibat kekakuan yang kita miliki.

Dari penjelasan di atas, seseorang yang memiliki kekakuan yang tinggi, sebaiknya bisa meredam kekakuan itu ketika sedang beradu pendapat dengan orang lain. Karena, kekakuan kita hanyalah akan menyebabkan orang tersebut kehilangan muka dan nama baiknya akibat terpojokkan oleh argumen-argumen yang sangat menyalahkan dan menyudutkannya.

Jadi, di dalam pertemuan atau perkumpulan yang kita hadiri, Berikanlah kesempatan untuk orang lain menyelamatkan muka dan nama baiknya.

 

 

Posted in Uncategorized | 2 Comments

Kimia Medisinal-Penicillin

OBAT ANTIBAKTERI YANG MENGHAMBAT SINTESIS DINDING SEL

(PENICILLIN)

  1. I. Sejarah ditemukannya penicillin

Penicillin telah menjadi obat antibiotic aktif di dalam bidang kedokteran sejak diproduksi massal pada tahun 1940-an.

Alexander Fleming menemukan penicillin pada tahun 1928 ketika beliau sedang bekerja di laboratorium rumah sakit St.Mary di London. Beliau sedang mempelajari bakteri Staphylococcus pada petridish. Beliau membiarkan beberapa petridish selama beberapa minggu dan kembali untuk mengecek Staphylococcus yang telah berubah menjadi transparan dan permukaannya menyerupai jamur (mold). Hal ini menunjukkan bahwa sel bacteria tersebut telah menghilang karena proses yang disebut lisis, yaitu proses penghancuran jaringan/mikroorganisme. Fleming menamakan kandungan aktif dalam jamur tersebut sebagai penicillin, karena jamur tersebut termasuk ke dalam golongan Penicillium.

Pada bulan Mei tahun 1940, sebuah penelitian yang dipimpin oleh Florey dan Chain mengembangkan penicillin ke dalam suatu sistematik agen terapetik. Dalam penelitian ini, anak tikus yang memiliki diagnose infeksi hemolitik streptococci diuji dengan efek terapetik penicillin. Dari hasil eksperimen yang dilakukan, ternyata tikus-tikus yang diobati dengan penicillin masih tetap bertahan hidup, sedangkan tikus-tikus yang tidak diobati dengan penicillin justru mati.

Pada tahun 1942 secara masal 122 juta unit penicillin di produksi untuk uji klinis. Dan hingga sekarang proses produksi penicillin masih tetap berjalan untuk mengembangkan kuantitas produk. Pada tahun 1944 Pfizer Plants di Brooklyn memiliki ribuan gallon fermentor yang mampu memproduksi 100.000 unit vial penicillin. Proses fermentasi untuk biosintesis penicillin terbukti sangat efektif dalam meningkatkan kuantitas produksi penicillin berbasis skala besar. Pada tahun 1950, jumlah produksi penicillin meningkat hingga 200 triliyun unit (kira-kira 150 ton) per bulan.

  1. II. Senyawa Penicillin dan Turunannya

Penicillin adalah antibiotic yang paling penting dan mempunyai beberapa indikasi spesifik. Antibiotik adalah agen kemoterapi yang dibuat oleh mikroorganisme hidup, dan bukan melalui sintesis kimia.

Penicillin adalah antibiotic yang digunakan untuk mengobati bermacam jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri, atau lebih dikenal sebagai obat anti-bakteri. Antibiotic seperti penicillin diproduksi oleh jamur Penicillium chrysogenum yang membunuh mikroorganisme asing dan menghentikan replikasi mereka.

Bangun dasar dari semua Penisilin adalah asam 6-aminopenisilanat, yaitu suatu dipeptida bisiklik dari sistein dan valin. Berbagai senyawa penisilin alam serta hasil sintesis parsial berbeda terutama pada asam karboksilat, yang dengan gugus amino pada posisi 6 membentuk amida. Di samping itu, gugus karboksil pada C-2 dapat terbebas atau membentuk ester.  Dari penisilin alam yang ditemukan seperti Penisilin dari kultur Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum, hanya benzilpenisilin (penisilin G) yang memiliki aktivitas biologis praktis.

Pengembangan yang selanjutnya terjadi adalah dengan mengisolasi dan memproduksi asam aminopenisilanat melalui pemecahan enzimatis benzylpenicilin, yaitu: dengan pembentukan amida antara asam 6-amino-penisilaat dan berbagai asam sehingga dapat dibuat sejumlah penisilin baru secara sintetik parsial.

Adapun keuntungan dengan mensintesis penisilin baru secara sintetik parsial, kelemahan pada Penisilin G dapat diatasi, misalnya: kepekaan terhadap asam sehingga pada pemakaian secara oral banyak yang tidak terabsorpsi, inaktivasi oleh Penisilinase, ketidakefektifan terhadap mikroba Gram negative umumnya.

Efek samping: secara umum penggunaan Penisilin dengan dosis yang tepat tidak akan memberikan efek samping toksik. Bila dosis yang diberikan terlalu tinggi (20-30 Mega I.U. iv) atau pada pemakaian intratekal kadang-kadang terjadi efek samping neurologis. Resiko gangguan semacam ini meningkat pada pasien dengan insufisiensi ginjal, epilepsy dan meningitis.  Selain itu, efek samping yang sering terjadi adalah alergi. Insidensi dan parah-ringannya alergi ini tidak tentu, dimana alergi yang ditunjukkan berupa gejala sakit kulit yang ringan sampai reaksi anafilaktis sehingga menyebabkan kematian. Efek samping yang terjadi tergantung dari kondisi individual pasien, cara pemakaian, serta jenis penisilin yang dikonsumsi.

Berdasarkan sifat-sifatnya, Penisilin dapat dikelompokkan menjadi:

1. Benzilpenisilin dan turunannya

Benzilpenisilin (Penisilin G) merupakan salah satu jenis antibiotic yang penting karena kerjanya yang spesifik dan tidak meleset, perkembangan resistensi yang sedikit, serta sifatnya yang kurang toksik. Tetapi, terkadang benzylpenisilin ini memberikan beberapa kerugian seperti: terlalu peka terhadap asam sehingga sulit terabsorpsi bila diberikan secara oral, dapat terinaktivasi oleh Penisilinase, dan terkadang tidak efektif terhadap mikroba Gram Negatif.

Daerah kerja dari Benzilpenisilin mencakup:

  • Coccus Gram Positif: Staphylococcus, Streptococcus, Pneumococcus yang tidak mengandung Penisilinase, dan enterococcus (umumnya resisten)
  • Basil Gram Positif: Bakteri difteri, Clostridium, dan Basil Antrax.
  • Coccus Gram Negatif: Gonococcus, Meningococcus.
  • Spirokhaeta: Treponema pallidum, T. carateum, T. pertenue, kuman penyebab angina Plant-Vicenti

Benzilpenisilin (Penisilin G) memperpanjang kerja melalui pembentukan garam  dengan basa organic (prokain, klemizol, dibenziletilendiamin). Distribusi benzilpenisilin dalam jaringan penyangga (tulang, sendi) dan kemampuan melewati lapisan membrane darah-otak kecil relative buruk. Dan kemampuan ini akan meningkat pada pasien yang menderita meningitis. Benzilpenisilin memiliki nama dagang lain yaitu: Hormocillin, Hydrocillin, Liquocillin, Megacillin, Omnacillin, dan Tardocillin. Aturan dosis yang diberikan berkisar 1-4 Mega U.I

2. Penisilin oral yang tidak stabil terhadap Penisilinase

Struktur Nama Internasional Nama Dagang Dosis
Fenoksimetil-penisilin 

(Penicillin V)

Arcasin, Beromycin, Isocillin, Ospen, Pencompren-Mio 1,2 – 3,5 Mega U.I
Propicillin Baycillin, Oricillin. 3 Mega U.I

3.Penisilin yang stabil terhadap Penisilinase

Struktur Nama Internasional Nama Dagang Dosis
Oksasilin Cryptocillin, Stapenor 2-4  gram
Dicloxacillin Dichlor-stapenor 2 gram
Fluklokasilin Staphylex 1,5 gram

4. Penisilin dengan spectrum kerja yang diperluas

Struktur Nama  Internasional Nama Dagang Dosis
Ampycillin Ambiosin, Ampi-Tablinen, Binotal 2-4 gram
Amoxicillin Amoxi-Tablinen, Amoxypen, Clamoxyl, Sigamopen, Uro-Clamoxyl 3-6 gram
Episilin Spectacillin 3-6 gram
Azlocillin Securopen 6-15 gram (max.20 g)
Mezlocillin Baypen 6-15 gram (max.20 g)
Piperasilin Pipril 6-15 gram (max.20 g)
Apalsilin Lumota 6-9 gram
Karbenisilin 4 – 12 g (max. 20 g)
Tikarsilin Aerugipen 15 – 30 g
Temocillin Temopen 1 – 2 g

  1. III. Pengembangan Kerja Penicillin: Kombinasi Amoxicillin dan Asam Klavunalat

Dalam bagian ini kami akan membahas tentang pengembangan kerja agonis obat melalui kombinasi senyawa Amoxicillin dengan asam klavunalat.

Kombinasi antara asam klavunalat dengan Amoxycillin membentuk suatu campuran yang dinamakan ko-amoksiklav, (Augmentan®). Asam Klavunalat memiliki struktur yang mirip dengan asam penisilanat dan mempunyai struktur oksapenam yang memiliki kerja antimikroba sangat lemah, tetapi dapat menghambat penicillinase dari streptococcus dan β-laktamase dari berbagai mikroba Gram negative dengan mengikat pusat aktif enzim tersebut.

Augmentan® terbukti telah berhasil mengatasi infeksi bakteri pada saluran kemih dan kulit. Asam klavulanat yang diproduksi dari hasil fermentasi Streptomyces clavuligerus memiliki kemampuan untuk menghambat sisi aktif enzim β-laktamase sehingga menyebabkan enzim tersebut menjadi inaktif. Beberapa jenis antibiotik β-laktam (contohnya nafcillin) juga memiliki sifat resisten terhadap β-laktamase karena memiliki rantai samping dengan letak tertentu.

Campuran penicillin dengan inhibitor ini dapat menyebabkan amoxicillin sangat efektif dalam melawan organisme penghasil penicillinase. Organisme penghasil penicillinase dapat menginaktivasi Amoxicillin sehingga Amoxicillin menjadi tidak mempan untuk melawan organisme/bakteri tersebut. Dan untuk menhasilkan kerja yang agonis, maka diperlukan suatu inhibitor khusus dalam menghambat kerja penicillinase yang dihasilkan oleh organisme/bakteri tersebut. Asam klavunalat seringkali dikombinasikan dengan antibiotika β-laktamase yang kurang stabil/tidak stabil terhadap β-laktamase mikroba. Pada pasien yang resisten terhadap amoxicillin dapat mengalami indikasi pada infeksi saluran pernafasan dan saluran kemih.

Selain dengan Amoxicillin, senyawa asam klavunalat juga dikombinasikan dengan senyawa penicillin lain, yaitu: Ticarcillin. Campuran keduanya membentuk inhibitor terhadap enzim Penicillinase dan efektif dalam melawan mikroba dan menghambat sintesis dinding sel dari bakteri Pseudomonas aeruginosa yang menginfeksi tubuh. Obat Betabactyl® mengandung kombinasi asam klavunalat dengan Ticarcillin.

  1. IV. Mekanisme kerja penicillin sebagai obat antibakteri

Penicillin sangat efektif untuk mengobati infeksi bakteri dengan mengganggu/menginterferensi komponen spesifik sel bakteri atau mengganggu proses metabolism bakteri. Bagi bakteri, dinding sel sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan. Komponen utama dari dinding sel bakteri adalah peptidoglikan. Penicillin akan menginhibisi (menghambat) tahap akhir pembentukan/sintesis petidoglikan sehingga dinding sel tidak bisa terbentuk dengan cara berikatan pada enzim DD-transpeptidase yang memperantarai dinding peptidoglikan bakteri sehingga akan melemahkan dinding sel bakteri. Hal ini mengakibatkan sitolisis karena ketidakseimbangan tekanan osmotis, serta pengaktifan hidrolase dan autolysins yang mencerna dinding peptidoglikan yang sudah terbentuk sebelumnya.  Dengan menghambat perkembangan dinding sel, sel bakteri tersebut akan menjadi lemah dan kemungkinan besar mengalami penghancuran sel (lisis). Dengan proses ini penicillin mencegah bakteri dalam bereplikasi dan menginfeksi tubuh.

Posted in Uncategorized | Tagged , | Leave a comment

Hujan dan Angin

Kalo hujan sudah disertai angin yang kencang, pasti akan ada bencana banjir bandang dan pohon-pohon tumbang. Hal ini pula yang sedang melanda negeri Indonesia. Di Jawa udah banyak banget pengungsi yang nasibnya ngga karuan akibat banjir lahar dingin Merapi. Rumah udah tenggelam sama lumpur yang kini memadat menjadi tanah. Orang-orang yang ngga berhasil menyelamatkan diri, langsung terkubur hidup-hidup oleh lumpur tersebut.
Wah, di Buleleng pun kini dilanda angin dan hujan, bahkan gelombang air laut naik hingga 6 meter. Gimana ya kalo ada bule yang surfing disana..? [Pasti deh langsung tertelan ombak gede.. :)]
Di Brazil, ratusan orang tewas karena banjir. hampir 600 ribu orang jadi korban banjir di negeri ini. Di Aussie pun dilanda bencana yang hampir sama.
Kenapa tiba-tiba Dunia jadi Bergejolak seperti ini ya…? Apakah ini yang dinamakan gejala dunia yang kini sudah tua..? sejak perayaan tahun baru, ada aja kejadian bencana alam yang bermunculan silih berganti.
Kalo dipandang dari segi Ilmiah, apa yang bisa dijelaskan dari bencana-bencana yang bermunculan akhir-akhir ini?

Posted in Uncategorized | Leave a comment

HoMin and JYJ as one

Baru-baru ini baca berita ttg ributnya tweet junsu dan reaksi yang ditunjukkan oleh HoMin di saat mereka diinterview, rasanya keadaan HoMin dan JaeChunSu makin dipersulit sama pandangan dan kritik-kritik media massa tentang mereka…

bahkan sebagai fansnya pun mulai banyak yang bingung untuk mendukung HoMin atau JYJ. Sebenernya kalo dilihat dengan lebih baik dan mendalam, serta dengan berpikir pakai otak dan hati [tanpa melihat atau memandang seorang member/oppa kesayangan],TVXQ itu akan selalu ber5..! Yunho sebagai Leader TVXQ/DBSK sekalipun ngga pernah menginginkan member-member lain seperti Junsu, Jaejoong, YooChun, dan Changmin memundurkan diri dari garis DBSK..

DBSK akan selalu berlima, dan tanpa JYJ, HoMin bukanlah TVXQ sejati.. Comebacknya TVXQ hanya dengan HoMin dikarenakan mereka itu kembali demi Cassie yang sudah dengan setia menanti lebih dari 2 tahun.

Kalo Cassie sejati, tidak akan pernah memihak sebelah pihak HoMin atau JYJ, karena Cassie itu mendukung keberadaan Oppa Hero Jaejoong, U-know Yunho, Xiah Junsu, ChangMin, dan Micky Yoochun. TVXQ=5, tanpa mereka ber5, TVXQ terasa bukan TVXQ sejati.

pihak media massa dan fans dari masing-masing member juga seharusnya tidak usah memberi penilaian dan pandangan pribadi ke dalam kasus yang mereka hadapi. Dan Pihak SM Entertainment pun ngga perlu yang namanya mengadu domba HoMin dengan JYJ. Kedua grup memang sudah berdiri di dalam management yang berbeda, kalo pun mau saingan di dunia musik, bersainglah dengan sehat dan jangan bikin isu-isu yang negatif tentang JYJ ataupun HoMin.

karena apapun kasus yang mereka hadapi, hanya mereka ber5 saja yang tau. di dalam hati mereka juga pasti ingin kembali bersatu di dalam TVXQ. Hwaiting oppa!

saranghae oppa!!!

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Posted in Uncategorized | 1 Comment